Kamis, 13 Desember 2012

Tari Tayup Khas Desa Krinjing

 Tari Tayup di selenggarakan pada Merdi Desa (hari jadi desa) pada Kamis 15 November 2012 di Desa Krinjing, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 

Tari Tayub, atau acara Tayuban, merupakan salah satu kesenian Jawa Tengah yang mengandung unsur keindahan dan keserasian gerak. Unsur keindahan diiikuti dengan kemampuan penari dalam melakonkan tari yang dibawakan. Tarian ini biasa digelar pada acara pernikahan, khitan serta acara kebesaran misalnya hari kemerdekaan Republik Indonesia. Perayaan kemenangan dalam pemilihan kepala desa, serta acara bersih desa. Namun, khususnya di Desa Krinjing, Kec. Watumalang, Kab. Wonosobo ini diselenggarakan di hari jadi desa atau Merdi Desa tepatnya Kamis, 15 Nopember 2012.

Anggota yang ikut dalam kesenian ini terdiri dari sinden, penata gamelan serta penari khususnya wanita. Penari tari tayub bisa dilakukan sendiri atau bersama, biasanya penyelenggara acara (pria). Pelaksanaan acara dilaksanakan pada tengah malam antara jam 9.00-03.00 pagi. Penari tarian tayub lebih dikenal dengan inisiasi ledhek. dan pastinya banyak yang mengunjunginya.


 

About

Rintisan Desa Wisata Bukit Sembrani. Desa Krinjing, Watumalang 56352, Wonosobo, Jawa Tengah.

Copyright © Desa Wisata Bukit Sembrani Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger