Minggu, 17 Februari 2013

Hutan Pakis Nan Molek di Pandang Mata

Bukit Sembrani di hiasi dengan hutan pakis jenis pakis haji namun pohonnya lebih kecil yang tumbuh alami di lereng bukit, lebih indah dipandang mata dari atas bukit.

Keterangan Pakis Haji dan Sejenisnya Yang Ada di Bukit Sembrani.
Cycas rumphii adalah salah satu jenis pakis haji (Cycas) yang umum ditemukan di Nusantara. Tumbuhan ini asli berasal dari kepulauan ini dan apabila orang menyebut "pakis haji", maka yang dimaksud biasanya adalah C. rumphii ini. Tumbuhan ini biasa ditanam orang sebagai penghias pekarangan rumah dan batangnya mengandung pati yang dapat dimakan.
Nama "rumphii" diambil dari nama seorang peneliti berkebangsaan Jerman dari abad ke-18 yang pernah meneliti tumbuhan diKepulauan MalukuGeorg Eberhard Rumpf (Rumphius).
Pempat peristirahatan di bukit sembrani rumahan terbuat
dari bambu, kayu dan beratapkan daun alang-alang
memper indah dan bernuansa alam hutan desa.
Pakis haji (aji) atau populer juga dengan nama sikas adalah sekelompok tumbuhan berbiji terbuka yang tergabung dalam marga pakishaji atau Cycas dan juga merupakan satu-satunya genus dalam suku pakishaji-pakishajian (Cycadaceae). Masyarakat awam di Indonesia mengenal pakis haji dari beberapa spesies yang biasa ditanam di taman-taman menyerupai palem, yaitu C. rumphii, C. javana, serta C. revoluta (sikas jepang).

Pakis haji berhabitus mirip palem, namun sebenarnya sangat jauh kekerabatannya. Kemiripan ini berasal dari susunan anak daunnya yang tersusun berpasangan. Semua pakis haji berumah dua (dioecious) sehingga terdapat tumbuhan jantan dan betina. Serbuk sari dihasilkan oleh tumbuhan jantan dari runjung besar yang tumbuh dari ujung batang. Alat betina mirip daun dengan biji-biji tumbuh dari samping. Alat betina tumbuh dari sela-sela ketiak daun. Walaupun ia disebut "pakis", dan daun mudanya jugamlungker sebagaimana pakis sejati, pakis haji sama sekali bukan anggota tumbuhan berspora tersebut.

Tempat peristirahatan khusus terbuat dari bambu yang
hanya ada di bukit sembrani. hehe
Sekitar perbukitan masih banyak macam pakis tumbuh liar menandakan kesuburan tanah Indonesia. Mungkin di kesempatan lain kami Pokdarwis Bukit Sembrani akan posting informasi selanjutnya. Terima kasih. dan semoga manfaat.

Sumber dan Perana Luar
 

About

Rintisan Desa Wisata Bukit Sembrani. Desa Krinjing, Watumalang 56352, Wonosobo, Jawa Tengah.

Copyright © Desa Wisata Bukit Sembrani Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger